« Home | MITOS ASAL USUL BANGSA JEPANG(bagian 2)Izanagi-no-... » | MITOS ASAL USUL BANGSA JEPANG (bagian 1) PENDAHULU... » | Aliansi Jepang-Inggris pada Perang Jepang-Rusia 19... » | さくら(Sakura)森山直太郎(Moriyama Naotarou)Bagi anda yang ... » | Sejarah yang sama(sebuah perbandingan antara sejar... » | Celana Baggy Pekerja Bangunan JepangApabila anda s... » | Bunuh Diri dan SepatuSudah menjadi sebuah imaji ba... » | Jepang, Dunia Para ManulaMusim dingin pada awal ta... » | Kata tunjuk dalam bahasa JepangDalam setiap bahasa... »


MITOS ASAL USUL BANGSA JEPANG
(bagian terakhir)
Maka setelah Oke-no-iha-su-wake-no-mikoto wafat digantikan oleh kakaknya yaitu Oke-no-mikoto.
Oke-no-mikoto
menikah dengan Kasuga-no-oho-iratsume dan memiliki anak bernama O-hatsune-no-waka-sazaki-no-mikoto. O-hatsune-no-waka-sazaki-no-mikoto tidak mempunyai anak. Setelah wafat, maka ditetapkanlah O-hodo-no-mikoto (cucu dari Homuda-wake-no-mikoto) sebagai penerus untuk memerintah kerajaan. O-hodo-no-mikoto menikah dengan Ta-shira-ka-no-mikoto dan memiliki anak bernama Ame-kuni-oshi-haruki-hiro-niha-no-mikoto. Ame-kuni-oshi-haruki-hiro-niha-no-mikoto kemudian menikah dengan Ishi-hime-no-mikoto dan memiliki anak bernama Nuna-kara-futo-tama-shiki-no-mikoto.

Setelah Nuna-kara-futo-tama-shiki-no-mikoto (kaisar Bitatsu) wafat, kekaisaran Jepang masih tetap berlangsung secara turun-temurun. Dia digantikan oleh Kaisar Yoomee. Kaisar Yoomee kemudian digantikan oleh Kaisar Sushun. Dengan wafatnya Kaisar Sushun maka kekaisaran Jepang diperintah oleh keturunannya yaitu Kaisar Suiko yang setelah wafat nantinya digantikan pula oleh keturunannya hingga kaisar Jepang yang sekarang yaitu Kaisar Akihito.

KESIMPULAN
Meskipun Kojiki adalah buku yang berisi mitos-mitos Jepang, mitos-mitos di beberapa bagian terakhir buku tersebut sedikit banyak mencerminkan fakta-fakta sejarah. Dalam Undang-Undang Dasar Jepang juga terdapat pasal yang menyatakan bahwa kaisar Jepang memang merupakan keturunan dari dewa matahari Ama-terasu-oo-mi-kami dan sebagai keturunan dewa matahari Ama-terasu-oo-mi-kami keluarga kekaisaran yang sekarang ini dipimpin Kaisar Akihito masih tetap memusatkan pemujaan terhadap dewa tersebut.

REFERENSI
Oo no Yasumaro, 1984. Koojiki. Tokyo: Kabushikigaisha Kodansha
Sugihara Yasuo, 1995. Kenpoo no Tokuhon. Tokyo: Iwanami Shoten
Takano Toshisiko, 1989. Kinsee Nihon no Kokka Kenryoku to Shuukyoo. Tokyo:
Tokyo Daigaku Shuppansha
Ujitami Tsutomu, 1988. Nihon Shoki. Tokyo: Kabushikigaisha Kodansha
Yamamoto Mineaki, 1990. Tennoo no Nihonshi (I). Tokyo: Koofuu Shuppan
Yamamoto Mineaki, 1990. Tennoo no Nihonshi (II). Tokyo: Koofuu Shuppan
Yoshida Atsuhiko, 1990. Nihon no Shinwa. Tokyo: Seedosha