« Home

Kata tunjuk dalam bahasa Jepang

Dalam setiap bahasa pasti terdapat kata tunjuk. Kata tunjuk adalah kata yang dipakai jika kita ingin menunjuk sebuah benda yang berada di sekitar kita atau benda yang berada dalam pembicaraan. Dalam bahasa Indonesia kita mengenal kata "ini" dan "itu", dan dalam bahasa Inggris kita mengenal kata "this" dan "that".
Berbeda dengan kedua bahasa tersebut, bahasa Jepang mengenal tiga kata tunjuk (lebih banyak dari bahasa Inggris dong)yaitu "kore", "sore" dan "are". "kore" dapat dipadankan dengan kata tunjuk "ini" atau "this".misalnya seperti di bawah ini:
Kore wa hon desu (hon artinya buku).
Jadi kalau diartikan dalam bahasa Indonesia, artinya adalah Ini Buku.
Sedangkan "sore" dan "are" sepadan dengan "itu" atau "that". trus bagaimana dong penggunaannya? kapan kita pakai "sore" dan kapan kita pakai "are"?. Mungkin akan susah bagi kita yang belum mengenal bahasa Jepang, tapi akan saya jelaskan dengan singkat bahwa dengan singkat perbedaan "kore", "sore" dan "are" (jadi tidak cuma sore dan are saja.
Begini, dalam pembicaraan akan terdapat orang yang berbicara(kita sebut saja pembicara) dan orang yang mendengar (kita sebut lawan bicara). Nah, "kore" digunakan untuk menunjuk benda yang berada di dekat atau di area pembicara. "Sore" digunakan untuk menunjuk benda yang berada di area lawan bicara. sedangkan "are" digunakan untuk menunjuk benda yang berada di luar area pembicara dan lawan bicara. Sudah paham gak nih? Mungkin akan lebih paham jika diilustrasikan dengan percakapan sebagai berikut:
sebuah percakapan antara Adi dan Susan di sebuah kafe.
Adi : Kore, boku no atarashii tokei.
(Ini jam baruku)
Susan: Waa, sore, suteki desune.
(wah, itu sangat indah ya)
Adi : De, are boku no atarashii benzu.
(dan itu mobil mercy baruku)
Susan:Waa, yappari kanemochi desune.
(wah, memang kau kaya ya)
jadi Susan mengucapkan "sore" karena bendanya(jam) berada di area Adi(lawan bicara) dan Adi mengucapkan "are" karena bendanya(mobil mercy) berada di luar area kedua orang tersebut.
Saya harap penjelasan tadi cukup membuat pembaca paham tentang kata tunjuk dalam bahasa Jepang. Apabila belum paham juga, ada sebuah cara lagi untuk memahami perbedaan kata tunjuk bahasa jepang, cuma yang ini hanya untuk orang yang memahami bahasa Jawa saja. "kore" dapat diartikan dengan "iki", "sore" sama dengan "kuwi" dan "are" sama dengan "kae".


Iwan Setiya Budi
Pengajar Japanologi